Pasar Modal

Pasar modal, pernahkah teman-teman sekalian mendengar tentang pasar modal? Saya pikir banyak dari kalian yang akan menjawab ya. Istilah pasar modal seringkali dibicarakan di berbagai media massa seperti televisi atau koran. Namun apakah teman-teman sudah mengetahui apa itu pasar modal ?

Sekarang saya ingin bertanya kepada teman-teman, apa yang dimaksud dengan pasar ? Ya secara kasar pasar adalah tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan transaksi jual beli. Nah, sekarang kita akan membahas tentang pasar modal. Tambahan kata “modal” di belakang kata pasar memberi makna bahwa barang yang ditransaksikan di pasar tersebut adalah modal itu sendiri. Jadi pasar modal sama seperti pasar yang kita ketahui, akan tetapi barang yang dijual-belikan saja yang berbeda yaitu modal.

Di dalam pasar tentu ada penjual, pembeli, dan barang yang ditransaksikan bukan? Nah didalam pasar modal ketiga subjek tersebut secara kasarnya memiliki istilah tersendiri. Penjual dalam pasar modal disebut dengan emiten. Pembeli dalam pasar modal disebut sebagai investor. Sedangkan barang yang ditransaksikan disebut efek. Emiten ini dapat berupa perusahaan yang menjual kepemilikannya yaitu yang kita sebut sebagai saham. Tetapi perusahaan juga bisa menjual surat utang yang disebut sebagai obligasi. Selain perusahaan, pihak yang dapat berperan sebagai emiten adalah pemerintah dan manajer investasi. Pemerintah juga dapat menjual surat utangnya di dalam pasar modal. Sedangkan manajer investasi mereka menjual yang namanya reksadana.

Sekarang saya akan coba jelaskan lebih dalam mengenai efek-efek yang ada di dalam pasar modal.

Obligasi
Obligasi adalah surat berharga atau surat hutang.

Contohnya :
Stepen memiliki perusahaan bernama PT Suka Mundur. Perusahaan tersebut butuh modal tambahan untuk melakukan ekspansi. Misalnya perusahaan tersebut membutuhkan modal sebesar 100 juta dan akan dikembalikan 2 tahun kemudian. Dia juga akan memberi bunga sebesar 5%(disebut kupon) per tahunnya. Oleh karena itu, perusahaan tersebut akan menerbitkan obligasi. Dia menawarkan akan memberi bunga sebesar 5% per tahunnya. Tahun pertama dia akan memberikan bunga sebesar 5% sesuai janjinya yaitu 5 juta. Kemudian di tahun kedua dia akan memberikan bunga lagi sebesar 5 juta. Karena masa pinjamannya 2 tahun, maka di tahun kedua ini dia akan mengembalikkan uang pokoknya yaitu 100 jt. Artinya di tahun kedua dia memberikan bunga sekaligus melunasi uang 100 jt.

Reksadana
Wadah investasi kolektif yang pengelolaannya diatur oleh manajer investasi.

Contohnya :
Budi memiliki uang untuk diinvestasikan tetapi Budi tidak memiliki banyak waktu untuk mengaturnya. Akhirnya Budi memilih agar uangnya diinvestasikan oleh manajer investasi dengan cara membeli reksadana. (Penting untuk ditekanankan bahwa reksadana bukanlah sebuah jasa, akan tetapi reksadana adalah produk investasi yang cara kerjanya adalah uang yang didapat dari penjualan reksadana akan digunakan ioleh manager investasi untuk diinvestasikan di berbagai instrument investasi). Reksadana memiliki “harga” yang disebut NAB. NAB tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan hasil uang yang diinvestasikan oleh manager investasi tersebut.

Saham
Saham adalah surat tanda kepemilikan atas suatu perusahaan. Kepemilikan suatu perusahaan berbadan hukum PT diwujudkan dalam bentuk saham. Walaupun kita hanya memiliki 1 lembar saham maka kita boleh dikatakan sebagai suatu pemilk perusahaan. Tetapi perlu diingat bahwa 1 perusahaan
jumlah sahamnya ada banyak sekali, jadi jika kita hanya memiliki 1 lembar saham maka kita hanya memilki perusahaan tersebut 0,0000001%(kecil sekali).

Nah, sekarang sudah mengerti kan apa itu pasar modal? Silahkan bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang mungkin penasaran dengan pasar modal 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s